Minggu, 25 Desember 2016

Cara Membuat Desain Kutipan Motivasi yang Indah


Bagaimana cara membuat desain kutipan kata-kata motivasi? Membuat sebuah teks yang menjadi inti/ sorotan dalam sebuah gambar memang membutuhkan desain yang menarik. Jika kita ingin menyisipkan teks tertentu ke dalam desain yang kita buat tentunya tidak ingin kan jika nantinya tulisan/ teks tersebut malah mengganggu pemandangan. Aplagi jika teks tersebut adalah kata-kata motivasi, tentu butuh ciri khusus untuk meletakkannya.


Motivasi yang paling baik adalah Al Qur'an dan hadits. Simak ulasannya berikut ini.

Kualitas manusia dinilai dari perbuatannya. Wajah yang elok, kekayaan yang berlimpah dan jabatan tinggi tidak sedikitpun menambah kemuliaan seseorang di mata Allah. Ketenangan hati seseorang juga bergantung pada amal perbuatannya. Karena itu, Allah memberi perhatian lebih pada perintah untuk berbuat baik. Bahkan, Allah mempunyai cara yang indah untuk memotivasi seseorang agar selalu berbuat baik. Sampai tak ada lagi alasan seseorang untuk tidak berbuat baik.

Bagaimana cara Allah untuk mengajak manusia berbuat baik?

Sebenarnya perbuatan buruk itu dilakukan karena banyak waktu luang. Jika kita sibuk untuk berbuat baik, tidak ada waktu tersisa untuk melakukan hal-hal yang tercela. Munculnya fitnah, mencari kesalahan orang lain, saling menjatuhkan satu sama lainnya dan konflik yang terjadi adalah karena tidak ada motivasi untuk berbuat baik.

Mari kita lihat, bagaimana cara Al-Qur’an sebagai Kitab Motivasi terbaik mengajak kita untuk selalu berbuat baik.

وَأَحْسِن كَمَا أَحْسَنَ اللَّهُ إِلَيْكَ -٧٧-

“Dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah Berbuat baik kepadamu”(Al-Qashas 77)

Cara pertama, Allah menggugah hati kita untuk berbuat baik karena setiap hari Allah selalu mencurahkan kebaikan untuk kita. Sejak mata ini terbuka di pagi hari, Allah telah memberi kebaikan berupa udara yang segar, kekuatan untuk bangun, kemampuan untuk melihat dan semua pemberian yang mustahil bisa dihitung. Apa yang tidak Allah berikan kepada kita?

Jika tidak ada perintah atau larangan dari Allah, kita tetap wajib untuk menyembahnya sebagai rasa syukur atas apa yang telah Allah berikan, begitulah kata mutiara dari Imam Ali bin Abi tholib.

اذْكُرُواْ نِعْمَتِيَ الَّتِي أَنْعَمْتُ عَلَيْكُمْ -١٢٢-

“Ingatlah nikmat-Ku yang telah Aku Berikan kepadamu”
(Al-Baqarah 122)

Sayangnya, manusia selalu melupakan kebaikan yang selalu Allah berikan padanya. Dia benar-benar mengingkari atas segala kenikmatan yang ia nikmati secara gratis. Akhirnya, dia tidak pernah berbuat baik pada orang lain karena dia sadar akan kebaikan yang selalu ia terima dari Allah. Dalam suatu Hadist Qudsi, Allah pernah berfirman:

Aku Ciptakan engkau tapi kau menyembah selain-Ku
Aku selalu memberi (kebaikan) kepadamu namun kau berterima kasih pada selain-Ku
Kebaikan-Ku selalu turun kepadamu, sementara keburukanmu selalu naik kepada-Ku


Cara mudah untuk mencegah diri dari berbuat buruk adalah dengan selalu mengingat kebaikan Allah yang telah Dia berikan pada kita. Kita selalu mengingat berapa banyak kebaikan yang Allah berikan kepada kita setiap harinya. Andai kita terus berbuat buruk pada hamba-Nya yang lain, bisa saja ketika kita membuka mata besok, kebaikan itu telah dicabut oleh Allah. Mata kita mungkin tak bisa melihat lagi, ingatan kita dapat hilang tiba-tiba. Bukankah kita sering melihat seorang yang sehat di sore harinya tiba-tiba lumpuh di hari esoknya?

Cara kedua, Allah menekankan bahwa kebaikan itu jauh berbeda dengan keburukan. Sekecil apapun kebaikan itu, tetaplah jauh diatas keburukan.

وَلَا تَسْتَوِي الْحَسَنَةُ وَلَا السَّيِّئَةُ ادْفَعْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ -٣٤-

“Dan tidaklah sama kebaikan dengan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik” (Fussilat 34)

Walau terkadang keburukan itu tampak indah di mata, begitu menarik hati, tetaplah kebaikan jauh lebih baik.

قُل لاَّ يَسْتَوِي الْخَبِيثُ وَالطَّيِّبُ وَلَوْ أَعْجَبَكَ كَثْرَةُ الْخَبِيثِ فَاتَّقُواْ اللّهَ يَا أُوْلِي الأَلْبَابِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ -١٠٠-

Katakanlah (Muhammad), “Tidaklah sama yang buruk dengan yang baik, meskipun banyaknya keburukan itu menarik hatimu” (Al-Ma’idah 100)

Cara ketiga, kita tidak hanya disuruh untuk mengingat kebaikan Allah, meyakini bahwa kebaikan tidak sama dengan keburukan, tapi Allah juga menjajikan sesuatu untuk memotivasi seseorang agar selalu berbuat baik.

مَن جَاء بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ خَيْرٌ مِّنْهَا وَمَن جَاء بِالسَّيِّئَةِ فَلَا يُجْزَى الَّذِينَ عَمِلُوا السَّيِّئَاتِ إِلَّا مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ -٨٤-

“Barangsiapa datang dengan (membawa) kebaikan, maka dia akan mendapat (pahala) yang lebih baik daripada kebaikannya itu; dan barangsiapa datang dengan (membawa) kejahatan, maka orang-orang yang telah mengerjakan kejahatan itu hanya diberi balasan (seimbang) dengan apa yang dahulu mereka kerjakan.”
(Al-Qashas 84)

Kebaikan yang kita lakukan tidak akan menguap hilang sia-sia. Allah berjanji bagi siapa yang mau berbuat baik, Dia akan membalasnya dengan yang lebih baik.

Suatu hari Rasulullah saw mendapat wahyu ayat diatas, Allah akan memberikan yang lebih baik dari kebaikan itu sebagai balasan. Namun Rasulullah berdoa kepada Allah, “Ya Allah, tambahlah (balasannya)”. Rasul meminta tambahan untuk umatnya agar mendapat balasan yang lebih banyak ketika berbuat kebaikan. Kira-kira balasan apa yang akan ditambah oleh Allah bagi seorang yang berbuat baik?

Sumber : Al-Qur’an, Kitab Motivasi Terbaik ! (Bag 1)

Nah, berikut ini bagaimana cara membuat desain kata-kata motivasi yang cocok bagi Anda. Simak bagaimana cara membuatnya.

Langkah-langkah membuat desain kutipan kata-kata motivasi.

  1. Buatlah sebuah shape, hilangkan isinya (fill) dan sisakan garis (stroke);
  2. Convert shape ke curve dengan cara klik kanan pada shape > Convert to Curve;
  3. Potong pada garis. Pilih Select Tool > klik 2x pada garis > pilih Break Curve. pilih pada bagian garis yang lain dan klik Break Curve;
  4. Hapus garis/ line yang terpotong;
  5. Berikan tanda putus-putus pada garis dengan memberikan efek dash pada object properties;
  6. Berikan tanda petik dan sesuaikan;
  7. Tambahkan teks kata-kata motivasi.

Jika merasa bingung membaca langkah-langkah di atas, Anda bisa melihat video tutorialnya di bawah ini.

Video tutorial cara membuat desain kutipan kata-kata motivasi.


Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (mereka berdoa): "Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau hukum Kami jika Kami lupa atau Kami tersalah. Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau bebankan kepada Kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau pikulkan kepada Kami apa yang tak sanggup Kami memikulnya. beri ma'aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong Kami, Maka tolonglah Kami terhadap kaum yang kafir." (Al Baqarah: 286)

Ingin mencobanya, berikut link download file :


Demikian cara membuat desain kutipan motivasi yang indah. Jangan lupa like dan share, semoga bermanfaat.



Disqus Codes
  • To write a bold letter please use or
  • To write a italic letter please use or
  • To write a underline letter please use
  • To write a strikethrought letter please use
  • To write HTML code, please use or
    or

    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Berlangganan Artikel Gratis